SEGMENTASI LAN


Segmentasi LAN

1. Segmentasi LAN dengan Switch
   Lan switch dapat mengurangi kekurangan bandwitch dan jaringan bottleneck. Switch akan membagi LAN kedalam micro segment yang mana mengurangi colision domain.

2. Segmentasi LAN dengan Bridge
    Bridge merupakan alat pada layer ke 2 yang meneruskan data frame menurut Mac addres. Di dalam Mac Address ada pengatur yang ada dalam Mac Address.

3. Segmentasi LAN dengan Router
     Router bekerja dengan cara yang mirip dengan switch dan bridge. Perbedaannya, router merupakan penyaring atau filter lalu lintas data. Penyaringan dilakukan dengan menggunakan protocol tertentu. Router pada dasarnya merupakan piranti pembagi jaringan secara logical bukan fisikal.
    Router dapat memilih jalan alternatif yang terbaik (rute terbaik untuk transportasi data.), bila memang ada beberapa jalan untuk mencapai tujuan atau bila salah satu jalan ke tempat tujuan terputus karena sesuatu hal.

CSMA CD
Apa itu CSMA CD........?
     CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection) atau sering disingkat menjadi CSMA/CD adalah sebuah metode media access control (MAC) yang digunakan oleh teknologi jaringan Ethernet. Dengan metode ini, sebuah node jaringan yang akan mengirim data ke node tujuan pertama-tama akan memastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai untuk transfer dari dan oleh node lainnya. Jika pada tahap pengecekan ditemukan transmisi data lain dan terjadi tabrakan (collision), maka node tersebut diharuskan mengulang permohonan (request) pengiriman pada selang waktu berikutnya yang dilakukan secara acak (random). Dengan demikian maka jaringan efektif bisa digunakan secara bergantian.

CSMA CA
Apa itu CSMA CA......?
CSMA/CA singkatan dari Carrier Sense Multiple Access atau Collision Avoidance, merupakan protokol contention pada jaringan yang bisa melakukan analisa kondisi jaringan untuk menghindari collisions.CSMA/CA menghabiskan traffic karena sebelum ada data ditransmisikan ia akan mengirim sinyal broadcast pada jaringan untuk mendeteksi skenario atau kemungkinan terjadinya collision dan memerintahkan semua perangkat untuk tidak broadcast.tidak seperti CSMA/CD yang memakai pengaturan transmisi jaringan ketika terjadi collisions.

BOTTLENECK
Apa itu bottleneck....?
Bottleneck merupakan macetnya proses aliran data (transmisi data) karena sebab-sebab tertentu. Biasanya desebabkan perbedaan antara kecepatan kerja suatu  komponen dengan kecepatan busnya.

FLOODING
Apa itu Flooding....?
    Flooding data adalah Dalam lingkup jaringan Komputer adalah sebuah situasi dimana terdapat ip yang membuat jalur bandwidth yang kita miliki terbanjiri atau penuh sehingga proses pengiriman field atau data menjadi sangat terganggu dan sering kita bilang dengan “Lemot”. Ketika kita berinternet,, internet yang kita akses akan sangat terasa lambatnya dan membuat kita seringkali kesal. koneksipun sering putus-putus dan bahkan time out (putus sama sekali).

THROUGHPUT
Apa itu Troughput....?
  Pengertian dari Troughput adalah bandwidth yang sebenarnya atau aktual, diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu juga. 

Referensi:

 http://rahmatvian.blogspot.co.id

Komentar

Postingan Populer